Resep Pie Susu TEFLON MUDAH – NO MIXER -NO OVEN

1 min read

Hulla moms! Sore-sore sambil ngopi enaknya ditemenin sama cemilan pastinya. Paling enak bikin cemilan yang praktis dan murah hehe tanpa harus pake mixer ataupun oven.

Kalo di daerah Bali terkenal banget oleh-oleh Pie Susu beraneka macam merk, daripada jauh-jauh menghayalnya mending kita bikin cemilan yang mirip namanya pie susu teflon #dirumahaja yuk!

Resep Pie Susu TEFLON MUDAH - NO MIXER -NO OVEN

Resep Pie Susu Teflon

Bahan Kulit Pie

  • 10 sdm tepung terigu, ayak terlebih dahulu agar tidak ada yang menggumpal
  • 5 sdm margarin, bisa merk apa mau blue band, palmia atau yang lain kek bebaaaasss
  • 2 sdm susu kental manis yang warna putih
  • sejumput garam agar agak asin, dikit aja (opsional)

Bahan Fla atau Isian Pie

  • 10 sdm air
  • 2 sdm tepung maizena
  • 2 butir telur ayam
  • 10-13 sdm susu kental manis (bisa disesuaikan dengan selera)
  • vanilla essence (opsional)

Cara membuat :

Kulit pie

  • masukan tepung terigu (sudah diayak) kedalam mangkok atau wadah, tambahkan margarin. Aduk hingga rata dengan sendok.
  • Kemudian masukkan susu kental manis (bisa ditambah kalo ingin lebih manis). Aduk rata.
  • Uleni dengan tangan hingga kalis dan diamkan sebentar.
  • Olesi seluruh bagian teflon dengan margarin sedikit saja (teflon yang dipakai pada gambar ukuran 20cm).
  • Taruh adonan diatas teflon pipihkan hingga rata sesuai bentuk teflon. Lalu tusuk-tusuk permukaan dengan garpu (seperti pada gambar)**
  • Diamkan, sambil kita lanjut buat Fla atau Isiannya.
Resep Pie Susu TEFLON MUDAH - NO MIXER -NO OVEN

Fla atau Isian Pie

  • Masukkan 10 sdm air kedalam wadah atau mangkuk tambahkan tepung maizena, aduk hingga rata.
  • Tambahkan telur, aduk rata. Kemudian masukkan susu kental manis (disesuaikan dengan selera tingkat kemanisannya, semakin banyak susu kental manis yang dipake semakin manis juga Fla nya). Aduk hingga rata.
  • Masukkan vanilla essence, aduk hingga rata kembali.
  • Nyalakan kompor dengan api sangat kecil (agar kulit tidak gosong). Taruh teflon yang sudah berisi adonan yang telah dibentuk.
  • Segera masukkan Fla dengan cara disaring terlebih dahulu (bisa dengan saringan kawat) sambil dimasukkan ke adonan agar tidak ada yang menggumpal.
  • Tutup dengan menggunakan tutup berbahan kaca yang agak cembung.
  • Masak hingga bagian atas mengeras, kalo bagian atas sudah tidak lengket dan mengeras berarti pie sudah matang.
  • Pindahkan ke piring saji dan potong-poting sesuai selera.
  • Pie siap dihidangkan.
Resep Pie Susu TEFLON MUDAH - NO MIXER -NO OVEN

Tips agar Pie lebih enak dan bentuknya lebih menarik :

Resep Pie Susu TEFLON MUDAH - NO MIXER -NO OVEN
  • Pemberian garam pada adonan bersifat opsional agar terasa lebih gurih menyeimbangkan rasa manis yang ada pada fla.
  • Untuk membentuk kulit pada loyang, adonan ditaruh teflon pipihkan keseluruh bagian setelah rata rapihkan dengan bagian punggung sendok.
  • Resep Kali ini menggunakan teflon diameter 20cm ya moms. Kalo moms mau yang lebih besar lagi untuk keluarga tercinta bisa disesuaikan aja ya perbandingan bahan-bahannya.
  • Untuk membuat fla terlihat mulus, harus rajin-rajin dilihat. Segera ambil dengan saringan, jika ada busa pada bagian atas Fla. Bisa sih pake sendok cuma agak riskan merusak lapisan.q
  • Pastikan api benar-benar kecil ya moms.
  • Selama dipanggang di atas kompor, jioa ada bagian yg meletup-letup di atas permukaan fla segera tusuk bagian bawahnya/kulit pienya sampai tidak ada letupan lagi.
  • Untuk pemakaian telur bisa gunakan kuning telurnya saja agar rasa lebih legit dan warna lebih kuning, lebih banyak lebih legit rasanya.
  • Selama dipanggang di atas kompor, sesering mungkin dilihat ya kalo tutup kaca sudah berembun segera di lap agar air tidak menetes ke pie dan merusak bagian atas pie.

Nah, gimana? Mudah kan moms? Hehe
Pas kan untuk teman minum kopi sore-sore atau cemilan ngobrol santai dengan keluarga. Selamat mencoba!

Everybody can cook! Recook from @yackikuka

Follow our media social : FB IG

Resep Pangsit Kuah Seger

ibuk
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *