Resep Kacang Ijo Goreng Ala Vendryana Dan Andien Aisyah – Snack MPASI

1 min read

Assalamu’alaikum moms, gimana kabarnya hari ini? Kalo ibukembun kebetulan lagi pusing nih karena si Embun lagi GTM. Beberapa hari yang lalu ngeliat instastory Ka @Vendryana tentang Kacang Ijo Goreng dari Ka @Andienaisyah.

Alhamdulillah dishare resepnya sama ka Vendryana, kayak nemu cemilan yang cocok nih secara masih busui kaaannnn dan kayaknya cocok juga buat si Embun.

Resep Kacang Ijo Goreng Ala Vendryana Dan Andien Aisyah - Snack MPASI

Tapiii masih agak riskan juga takut keselek kalo cuma begitu aja, akhirnya nyoba-nyoba dimodifikasi sedikit deh.
Oiya ini resep bisa disesuaikan yah moms.

Bahan – Bahan

  • 200 gr kacang ijo, direndem kurang lebih sehari semalam
  • 25 sdm tepung tapioka
  • garam secukupnya
  • kaldu jamur, secukupnya bisa disesuaikan sendiri yah mom tingkat keasinannya
  • sedikit lada bubuk
  • minyak goreng

Cara Membuat

  • Cuci kacang ijo
  • Rendam selama hampir 24 jam, tiap 12jam diganti airnya ya moms
  • setelah direndam sehari semalam, cuci bersih kembali
  • Rebus kacang ijo kedalam panci berisi air kurang lebih 5-10 menit, tergantung tingkat keempukan yang kita mau
  • Sambil menunggu kacang ijo direbus, kita siapkan bahan tepungnya ya moms.
  • Ambil mangkok, campurkan tepung tapioka, garam, kaldu jamur dan lada sesuai rasa yang diinginkan. Aduk rata.
  • Kemudian tepung tapioka yang telah tercampur tadi diayak menggunakan saringan, saring semua sampai kaldu jamur dan garam juga terayak halus. Aduk rata.
    (ini opsional ya moms kalo gak mau diayak gapapa, soalnya sempet nyoba gak diayak si kaldu jamur dan garamnya gak merata berasanya karena tidak halus).
  • Setelah kacang ijo selesai direbus, matikan kompor dulu ya moms jangan lupa hehe. Diamkan 5menit dulu biar uap panasnya berkurang, lalu tiriskan kacang ijo dari airnya.
  • Setelah ditiriskan langsung masukkan kacang ijo kedalam tepung yang sudah berbumbu tadi. Aduk rata agar semua terkena tepung dan tidak menggumpal atau berkumpul, bisa dipisahkan satu per satu kalo ada yang menggumpal.
  • Panaskan minyak goreng kedalam wajan. Masukkan kacang yang berlumur tepung tadi kedalam minyak yang sudah panas.
  • Goreng selama 5-7 menit aja moms, sambil sesekali diaduk agar matang merata dan tidak gosong.
  • Angkat dan tiriskan, setelah dingin langsung taruh toples ya moms agar tetap renyah.

Gimana? Sebenarnya mudah ya moms tapi agak tricky kalo kata Ibu Ubi bilang, ini pun udah percobaan beberapa kali hehe.

Oiya moms, ada beberapa tips nih yang mungkin bisa membantu moms meminimalisir kegagalan hehe

  • Sebenernya tanpa harus direbus dulu juga bisa langsung dilumur tepung, karena berhubung ini buat si Embun yang baru 16bulan dan giginya baru beberapa jadi disesuaikan tingkat kelembekannya.
    Kalo mau lebih lembek bisa lebih lama direbusnya.
  • Setelah ditiriskan dari air rebusan atau rendaman (kalo yang tanpa direbus) harus segera dicemplungin kedalam tepung ya moms, agar menempel sempurna.
  • Pastikan minyak untuk menggorengnya benar-benar panas dan banyak ya moms agar kacang terendam seluruhnya oleh minyak, selama menggoreng gunakan api sedang cenderung besar.
  • Setelah kacang masuk ke minyak panas diamkan sekitar 30 detik baru diaduk ya moms, biar tetep nempel di hati itu tepung hehe.
  • Angkat dan tiriskan kacang bisa menggunakan saringan diangkat diatas wajan seminar 30 detik lebih agar minyak tiris sempurna, baru deh taruh di sarah. Soalnya sempet nyoba langsung taruh di tissue ada yang menempel huhu
  • Oiya moms air rebusan kacang ijo tadi jangan langsung dibuang ya moms, bisa ditambah gula merah plus daun pandan direbus kembali. Taraaaaa jadi deh sari kacang ijo hehe

Nah segini dulu ya moms resep modifikasi kacang ijo dari Ka Vendry dan Ka Andien ala Ibukembun.
Selamat mencoba!

Kalo ada kritik dan saran boleh loh moms, dikasih tau ke Ibukembun.

Wassalamu’alaikum.

Follow our media social : FB IG

Resep Pangsit Kuah Seger

ibuk
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *