Resep Indomie Ramen ala Ibuk Embun, Mudah dan Lezat

2 min read

Hulla! Apakabar nih moms? Siapa yang kangen nge-mall saat wabah covid19 ini? Karena harus tetep #dirumahaja buat pecinta ramen bisa nih dicoba resep ala-ala alakadarnya mie ramen dengan bahan murah dan gampang dicari, di warung juga ada.

Resep Mie Ramen ala Ibuk Embun, Mudah dan Lezat

Abis kan galau ya mau makan mie ramen pesen delivery takut rasanya berubah atau mienya lodoh pas sampai rumah. Walaupun gak sama persis tapi mirip-mirip dikit lah ya rasanya. Mending kita coba bikin aja, yuk!

Bahan Indomie Ramen

  • 1 bungkus indomie rasa kari (mau 2juga boleh biar sekalian kenyang)
  • 1 bungkus fiber creme sachet yang kecil (kalo gak ada, bisa pakai santan kara dan susu cair)
  • sayuran (bisa sawi, pokcoy, wortel dan sebagainya).
  • jeruk lemon (opsional)
  • air

Cara Membuat Mie Ramen

  • Nyalakan kompor, rebus air setelah mendidih masukan mie, lalu sayuran, masak hingga matang. Tingkat kematangan disesuaikan selera masing-masing ya, kan ada yang suka lembek atau masih agak keras. (Ini mah pasti udah pada jago ya haha)
  • Tiriskan, buang rebusan airnya.
  • Rebus air lagi dalam panci sebanyak 200ml, masukan 2 sdm santan kara dan 2 sdm susu cair, aduk rata. Nyalakan kompor dengan api kecil, sambil terus diaduk biar gak pecah santannya kalo yang bukan pakai fiber creme.
  • Setelah mendidih masukan bumbu indomie (yang bubuk kuning dan minyak karinya). Aduk sebentar hingga rata.
  • Sesuaikan rasa yang diinginkan, bisa tambah kecap asin kalo kurang asin atau gula kalo kurang manis. Matikan kompor.
  • Taruh mie yg sudah direbus dan ditiriskan kedalam mangkok, tuang kuahnya.
  • Tambahkan topping sesuai selera, pilihan aneka topping bisa dilihat dibagian bawah. Jangan lupa masukan cabe bubuk dan bawang goreng yang dari bungkus indomienya.
  • Tambahhkan sedikit perasan jeruk lemon agar lebih segar rasanya.
  • Sajikan selagi hangat.
Resep Mie Ramen ala Ibuk Embun, Mudah dan Lezat

Bahan-bahan

Aneka pilihan topping

Untuk topping ramen sendiri ada banyak aneka macamnya bisa disesuaikan dengan apa yang kita inginkan atau seadanya bahan di kulkas ya hehe. Atau mau polosan gitu aja juga udah enak kok. Nih, beberapa pilihan topping ramen yang gampang banget dibuat dan dicari.

  • ayam teriyaki
  • ayam katsu frozen
  • ebi furai **
  • daging katsu
  • telur rebus
  • nori (rumput laut)
  • rebung naruto (ini agak susah kalo nyari di pasar hehe)
  • daun bawang
  • biji wijen
  • atau bubuk cabe atau potongan cabe rawit agar lebih pedas lagi

Untuk kali ini mau nyoba untuk topping yang sesuai gambar dulu ya mom. Pertama, ayam fillet walaupun gak harus beli ayam fillet di supermarket kita bisa kok fillet sendiri dirumah ( ada tips mudah nge-fillet ayam ya moms).

Resep Mie Ramen ala Ibuk Embun, Mudah dan Lezat

Ayam teriyaki
Topping Ayam Teriyaki

Topping Ayam Teriyaki

  • ayam fillet atau bagian dada yang sudah difillet sendiri
  • jeruk nipis
  • saori saos teriyaki

Cara membuat

cuci bersih ayam dengan air dan perasan jeruk nipis, agar tidak bau. Keringkan. marinasi ayam dengan memasukkan bumbu teriyaki. Lumuri secara merata. Diamkan 30menit .panaskan wajan beri sedikit aja minyak goreng kira-kira 1sdm aja, setelah panas masukk ayam. Matikan kompor.

*Tips
Cara memfillet ayam dengan mudah :
Bekukan ayam didalam freezer, setelah benar-benar beku potong ayam menggunakan pisau sesuai yg diinginkan. Atau kalo mau capek bisa dengan tangan sendiri seperti dirobek-robek dagingnya.

Ketika beku ayam lebih mudah untuk potong. Lumayan kan moms daripada beli ayam fillet yang lebih mahal dari ayam biasa. Ini tulang dan dagingnya yang masih menempel sedikit bisa dibuat kaldu untuk sop atau mpasi hehe.

Topping Chicken katsu


Bahan-bahan

  • 200-300gram ayam fillet
  • 3siung bawang putih geprek, haluskan atau bisa gunakan bawang putih bubuk
  • 1butir telur ayam
  • 3sdm makan tepung terigu
  • garam dan lada secukupnya
  • minyak untuk menggoreng secukupnya
    Untuk bahan lumuran :
  • 1 bungkus tepung serbaguna bisa merk apa saja ukuran kecil (seperti sajiku, mamasuka, sasa, dan sebagainya), taruh di piring
  • 1butir ayam yang telah dipecahkan lalu dikocok
  • tepung roti secukupnya taruh di piring

Cara membuat

  • Cuci bersih ayam, potong sesuai selera. Pipihkan ayam dengan cara dipukul-pukul (bisa pakai ulekan).
  • Haluskan bawang putih, garam dan lada, lumuri seluruh permukaan ayam dengan bumbu halus tadi. Diamkan 15menit
  • Siapkan bahan untuk baluran/lumuran, sediakan 3 wadah/mangkuk
  • Pertama, ambil satu ayam cemplungkan adonan di tepung kering, lumuri hingga tertutup semua bagian.
  • Kedua, masukan ke adonan telur, lumuri hingga tertutup semua bagian.
  • Yang terakhir lumuri tepung roti hingga tertutup semua bagian. Ulangi hingga potongan ayam yang lain hingga habis.
  • bisa taruh di freezer dahulu atau langsung digoreng
  • panaskan minyak di wajan dengan api sedang, setelah panas goreng ayam hingga berwarna kecoklatan. Setelah diangkat, tiriskan. Matikan kompor.

Topping telur setengah matang


Bahan

telur ayam negeri/kampung

Cara Membuat

rebus telur didalam panci selama 7menit ( kalo mau dibuat setengah matang) atau 15menit (untuk telur matang).

setelah itu buang airnya, rendam telur di air biasa agar mudah ketika dikupas kulitnya.

Nah, mudah dan murah kan moms? Pilihan topping bisa disesuaikan ya. Untuk mie yang dipakai bisa ditambah juga kalo emang ngerasa satu aja gak cukup hehe, tinggal disesuaikan aja takaran untuk kuahnya. Selamat mencoba!

Everybody can cook!

Follow our media social : FB IG

Resep Pangsit Kuah Seger

ibuk
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *