Ebi Furai ala Hokben : Resep dan Cara membuatnya.

1 min read

Hai moms! Kali ini kita buat yuk Ebi Furai ala hoka-hoka bento yang praktis dan ekonomis. Berasa banget ya moms kalo makan di resto untuk beberapa pcs aja udah berapa harganya hehe mending kita buat sendiri.

Ebi Furai ala hokben ibukembun

Bahan-bahan yang dibutuhkan gampang dicari kok di pasar atau minimarket. Dijamin rasanya gak jauh beda dengan yang ada di resto.

Ebi Furai ala Hokben: Bahan-bahan yang diperlukan

  • 10 ekor udang ukuran besar, buat lurus.
  • tepung serbaguna merk apa saja (bisa sasa, mamasuka, sajiku, kobe atau yang lain)
  • setengah butir telur kocok lepas
  • 50ml susu cair atau santan kental
  • air sedikit
  • tepung roti
  • garam dan lada secukupnya
  • minyak goreng untuk menggoreng
Ebi Furai ala hokben ibukembun
udang lurus

Cara untuk membuat udang lurus

  • cuci bersih dan bersihkan udang buang kepala dan kulitnya tapi jangan dibuang bagian ekornya ya moms.
  • Untuk membuat udang tegak lurus kerat bagian punggung udang (iris sedikit secara lurus vertikal badan udang seperti ingin membelah punggungnya menjadi dua, mengikuti garis kotoran udang) lalu buang bagian kotoran yg ada di punggungnya
  • kerat sedikit bagian bawahnya dekat kepala dan bawah punggung.
  • lalu luruskan udang sambil dipijit-pijit agar tidak bungkuk kembali, lebar ekor udang dan agak sedikit ditekan.
  • lakukan sampai semua udang lurus sempurna, berbaris rapih sempurna seperti sedang upacara hehe. Bisa dilihat pada contoh foto dibawah ya moms.

Ebi Furai ala Hokben : Cara membuat

  • siapkan udang yang sudah lurus sempurna.
  • siapkan mangkuk, masukan setengah tepung serbaguna (kira-kira 5-6 sdm ya moms), tambahkan garam dan lada sesuai selera aduk rata.
  • masukkan kedalam mangkuk tadi susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk.
  • tambahkan sedikit air agar tidak terlalu kental (sebut saja ini tepung urutan 2).
  • siapkan dua buah piring. Satu untuk tepung serbaguna yang kering (tepung 1) dan yang satu lagi untuk tepung roti (tepung 3)
  • Mari kita lumuri udang ya moms, pastikan tangan kita kering.
  • pertama, pegang udang bagian ekornya lalu celupkan udang di tepung yang kering (tepung 1) pastikan merata tertutup semua bagian kecuali bagian ekor.
  • kemudian celupkan ke tepung basah (tepung ke 2) jangan lupa sampai tertutup semua ya moms.
  • terakhir lumuri dengan tepung roti secara merata sambil agak ditekan supaya menempel. Kemudian angkat sambil agak ditekan atau seperti tangan meremas udang agar bentuknya lurus sempurna berbalut tepung. Lakukan sampai semua udang berbalut tepung. Bisa taruh freezer terlebih dahulu agar tepung menempel sempurna.
  • panaskan minyak goreng di wajan dengan api kecil, setelah panas masukkan udang. Masak hingga udang berwarna kecoklatan ya moms jangan terlalu lama dan menggunakan api besar. Cuma perlu sebentar kok untuk goreng udangnya, cepet matengnya. Angkat dan tiriskan.
  • sajikan hangat dengan saos sambal, saos mayonnaise atau saos tartar.

Untuk mendapatkan udang yang enak pastikan memilih udang yang fresh ya moms, cuci bersih sambil diberi perasan jeruk nipis untuk menghindari bau yang gak diinginkan.

Tepung roti bisa juga bisa diganti dengan tepung panir ya. Untuk tepung basah tingkat kekentalannya bisa disesuaikan, kalo mau ebi furainya tebal bisa dibuat lebih kental.

\Waktu menggoreng pastikan api jangan terlalu besar ya moms karena ebi furau cepat sekali berwarna coklat atau matangnya. Pastikan sebelum memasak tangan kita sudah dicuci bersih ya moms.

Selamat memasak dan mencoba! Everybody can cook.

Follow our media social : FB IG

Resep Pangsit Kuah Seger

ibuk
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *