Resep Cilok Kuah Anti Gagal & Anti Alot Terbukti

1 min read

Hai moms! Pasti sudah tidak asing lagi ya sama yang namanya Cilok atau Aci Dicolok. Apalagi cilok kuah pedas yang dimakan pas hujan, swedep!

Resep Cilok Kuah Pedes - Ibuk Embun

Emang makanan ini cocok banget buat cemilan keluarga. Tetapi gak jarang banyak mommies yg gagal bikin cilok, entah kelembekan atau terlalu alot kayak karet ban hehe.

Yuk, dicoba resep cilok kuah berikut ini. Dijamin anti gagal dan anti alot karena ibuk embun sudah mencobanya sendiri moms.

Bahan – Bahan Cilok :

  • 10sdm tepung serbaguna (merk apa saja, bisa sasa, sajiku, dll)
  • 10sdm tepung tapioka
  • air mendidih
  • garam, merica (sesuai selera)
  • 250ml air mendidih
  • daun bawang (opsional)
  • kornet/ayam suwir/keju/sosis (untuk isian)

Cara Membuat Cilok :

  • campurkan tepung serbaguna, tapioka, garam, merica dan daun bawang dalam wadah/mangkok
  • masukan air mendidih sedikit-sedikit sambil diaduk rata hingga adonan rata dan kalis
  • setelah adonan rata, mulai bentuk bulat kecil, pipihkan, lalu isi isiannya, kemudian bentuk bulat sempurna. Lakukan berulang sampai adonan habis.
  • Rebus air dalam panci, setelah mendidih masukan cilok hingga mengapung. Angkat cilok yang sudah mengapung, kalo sudah mengapung artinya sudah matang ya moms.
  • Sajikan cilok dengan saus sambal, saus kacang, atau kuah pedas.
Resep Cilok Kuah Pedes - Ibuk Embun Anti Gagal & Anti Alot

Nah, untuk temennya si cilok banyak varian nih moms kayak kuah pedas atau bumbu kacang. Kalo musim hujan emang pas banget deh makan cilok kuah. Yuk kita coba buat kuah pedasnya, biar makin joss gandoss!

Bahan – Bahan kuah pedas :

  • 3 siung bawang putih
  • lada secukupnya
  • cabai merah sesuaikan dengan tingkat kepedasan yang kita inginkan
  • garam, gula, penyedap rasa
  • irisan daun bawang dan bawang goreng (opsional)
  • air

Cara Membuat Kuah Pedas :

  • rebus air dalam panci.
  • haluskan bawang putih, lada dan cabe (bisa diulek atau pakai blender)
  • setelah air mendidih masukan bumbu halus, aduk rata.
  • masukkan gula, garam dan penyedap rasa secukupnya, sesuai selera masing-masing
  • Bisa ditambahkan sawi, tahu putih, bihun atau bahkan mie biar tambah meriah
  • setelah kuah dan bahan tambahan siap, masukan cilok sebentar lalu matikan kompor.
  • sajikan cilok selagi hangat, jangan lupa tabur daun bawang dan bawang goreng ya biar tambah menggugah selera
  • cilok kuah siap dinikmati!

Oiya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ya moms.

1) untuk takaran tepung perbandingannya 1:1 ya moms agar tidak kelembekan atau alot, jadi mau bikin lebih banyak juga bisa kok.
2) Untuk membentuk cilok yang mudah pastikan tangan kita kering & balurin tepung sedikit biar gak lengket.
3) Selain direbus, bisa juga kok kalo mau ciloknya dikukus.
Mudah, kan? Selamat mencoba, ya!

Follow our media social : FB IG

Sumber : recook resep @yackikuka

Resep Pangsit Kuah Seger

ibuk
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *