Resep Asem-Asem Ayam Pedas Sedap Sederhana

1 min read

Hai moms! Kayaknya sehari-hari udah biasa ya sama lauk ayam, tapi gak jauh dari ayam goreng, ayam opor, ayam goreng tepung atau ayam bakar ditambah perlu waktu yang lama untuk mengolah si ayam.

Kali ini dicoba yuk resep asem-asem ayam pedas sedap sederhana buat menu harian, mudah tanpa harus ngulek bumbu atau ngungkep ayam yg butuh waktu lama dan yang pasti ini bikin seger bangeeettt!!!

Resep Asem-Asem Ayam Pedas Sedap Sederhana - ibukembun

Bahan-bahan yang diperlukan

  • 1 ekor ayam, cuci bersih, potong kecil-kecil agar lebih meresap kuahnya nanti (bisa dipotong jadi 12 atau 16 bagian ya moms sesuai selera)
  • 7 buah tomat hijau, cuci bersih, potong dadu
  • Daun bawang, cuci bersih kemudian potong dadu
  • 10 siung bawang merah, iris
  • 6 siung bawang putih, iris
  • Cabe rawit utuh sesuai selera, cuci bersih
  • Cabe merah besar, cuci bersih kemudian iris buang bijinya
  • 4 lembar daun salam, cuci bersih
  • 3 lembar daun jeruk, cuci bersih
  • 1 buah jeruk nipis
  • Asam jawa secukupnya (larutkan dengan air hangat)
  • Lengkuas, cuci bersih kemudian geprek/memarkan
  • Sereh, cuci bersih kemudian geprek/memarkan
  • Jahe, geprek/iris tipis-tipis
  • Daun bawang, cuci bersih kemudian iris untuk taburan
  • Kecap manis
  • Merica bubuk
  • Gula, garam, penyedap rasa
  • Minyak goreng secukupnya (untuk menumis bumbu)
Resep Asem-Asem Ayam Pedas Sedap Sederhana - ibukembun

Cara membuat

  • Rebus air di dalam panci lalu masukkan ayam, rebus sekitar 15-20 menit agar keluar kaldunya. Angkat ayam tiriskan, jangan buang kuah kaldunya ya moms.
  • Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang, setelah panas masukkan bawang merah, bawang putih, cabe merah yg sudah diiris, setelah harum masukkan lengkuas, sereh, daun salam dan daun jeruk.
  • Tumis sebentar lalu masukkan ayam yg telah ditiris kan, goreng sebentar agar warna ayamnya sedikit kecoklatan.
  • Setelah ayam berwarna agak kecoklatan masukkan kuah kaldu yang tadi buat merebus ayam, kemudian masukkan cabe rawit dan tomat hijau. Rebus hingga mendidih.
  • Tambahkan gula, garam, penyedap rasa, merica bubuk dan sedikit kecap (kurang lebih 1 sendok makan) sesuaikan dengan selera, aduk hingga rata. Kemudian dilanjutkan dengan memasukkan asam jawa yang telah dilarutkan di air hangat dan perasan jeruk nipis, jangan lupa diaduk yang rata.
  • Koreksi rasa, sesuaikan dengan selera moms ya. Setelah sesuai koreksi rasa, taburkan daun bawang sambil diaduk sebentar. Matikan kompor.
  • Sajikan hangat. Lebih enak lagi dimakan dengan nasi hangat dan kerupuk.
Resep Asem-Asem Ayam Pedas Sedap Sederhana - ibukembun

Oiya, moms jangan lupa untuk beberapa hal berikut ini ya:

  1. Untuk ayam bisa pake setengah atau beberapa potong saja ya moms sesuai yang dimau dan adanya bahan. Jangan lupa rebus ayam hingga matang atau hingga daging melunak.
  2. Jika dirasa kuah kaldu ayamnya terlalu sedikit bisa ditambahkan air biasa sesuai yang diinginkan.
  3. Untuk asam jawa bisa dilarutkan dahulu dalam mangkok kecil kemudian disaring, agar bijinya tidak ikut kedalam masakan.
  4. Cabe rawit bisa diiris atau tidak diiris, sesuaikan dengan selera moms saja ya takut ada keluarga yang enggak bisa makan terlalu pedas, jadi kita bisa atur sendiri tingkat kepedasan yang diinginkan di mangkok aja hehe.
  5. Untuk gula bisa gunakan gula pasir biasa atau gula aren, lebih nikmat sih kalau pake gula aren agar lebih pekat kuahnya dan rasanya lebih kuat.
  6. Sajikannya selagi hangat biar tetap segar rasa kuahnya. Selamat mencoba ya moms! Hati-hati nambah nasi terus hehehe.

Resep Pangsit Kuah Seger

ibuk
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *